Menu
Your Cart

Cara Menambah Customer di Opencart

Sebagai pemilik/pengelola toko online sudah menjadi keharusan untuk mengetahui dan bisa mengelola pelanggan kamu. Informasi mengenai pelanggan serta transaksi dengan toko online kamu haruslah tersimpan rapi. Kamu dapat memasukan data pelanggan secara manual (bukan pelanggan yang mendaftarkan diri) atau memandu pelanggan untuk mendaftarkan diri pada toko online kamu. Berikut langkah-langkah Cara Menambah Customer di Opencart.

  1. Langkah pertama masuk ke halaman admin opencart, Setelah masuk ke halaman admin, kemudian klik Customers kemudian klik Customer.
  2. Akan tampil halaman Customers, selanjutnya klik icon plus (+) yang berwarna biru disebelah pojok kanan atas untuk menambahkan customer.
  3. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman “Form Customer”, terdapat dua tab yaitu General, Affiliate. untuk menambah customer kita hanya perlu mengisi form di tab general saja.

Tab General

  • Customer Group : Pilih customer group secara default akan terpilih default. anda dapat menambah customer group di halaman customer group.
  • First Name : Isi nama depan customer (wajib diisi).
  • Last Name : Isi nama belakang customer (wajib diisi).
  • E-Mail : Isi email customer (wajib diisi).
  • Telephone : Isi no telephone customer (wajib diisi).
  • Password : Isi password (wajib diisi).
  • Confirm : konfirmasi password harus sama/sesuai dengan password diatas (wajib diisi).
  • Newsletter : Pilih enable untuk berlangganan newsletter.
  • Status : Pilih enable untuk mengaktifkan customer.
  • Safe : Pilih Yes untuk menyatakan akun ini aman dan tidak beresiko untuk melakukan penipuan, dan No untuk sebaliknya.

Setelah mengisi data customer lanjut dengan mengisi alamat customer dengan klik add adrress di bagian kiri atas.

Selanjutnya akan diarahkan ke form “Form Address”. Kemudian isi form sebagai berikut.

  • First Name : Isi nama depan customer (Wajib diisi).
  • Last Name : Isi nama belakang customer (Wajib diisi).
  • Company : Isi nama perusahaan customer jika ada (Opsional).
  • Address 1 : Isi alamat customer (Wajib diisi).
  • Address 2 : Isi alamat customer  jika address 1 masih belum cukup (Opsional).
  • Postcode : Isi kodepos customer (Wajib diisi).
  • Province : Pilih Provinsi (Wajib diisi).
  • City/Regency : Pilih Kota / Kabupaten (Wajib diisi).
  • Sub District : Pilih kecamatan (Wajib diisi).
  • Default Address : checklist untuk menjadikan alamat default customer.

Apabila sudah selesai di isi, lalu klik tombol save yang berada di pojok kanan atas.

Demikian mengenai Cara Menambah Customer di Opencart. Sekian dari kami, semoga bermanfaat. Jika ada kesulitan tidak usah sungkan untuk bertanya kepada kami untuk support teknis lebih lanjut.

Was this article helpful?
Yes No
0 out of 0 found this helpful