Menu
Your Cart
Tips 2 : Mengapa Anda Memerlukan Maintenance OpenCart ?

Tips 2 : Mengapa Anda Memerlukan Maintenance OpenCart ?

Saat anda memiliki website toko online opencart yang telah berjalan hal yang wajib diperhatikan adalah perihal maintenance atau pemeliharaan website. jangan pernah diabaikan, karena jika beberapa saat saja ada permasalahan muncul diwebsite anda sangat berpotensi hilangnya peluang keuntungan dan mungkin pelanggan anda akan beralih ketoko lainnya.

Maintenance Website adalah suatu tindakan perbaikan, pemeliharaan, pemeriksaan website untuk memperbaiki masalah yang muncul dan mencegah masalah yang mungkin muncul dimasa mendatang. Maintenance website sangat penting untuk menjaga peringkat website dimesin pencari, yang secara tidak langsung akan berpengaruh ketingkat penjualan.


Selain manfaat yang sudah dijelaskan diatas, maintenance toko online opencart juga memiliki manfaat lain antara lain :


1. Menjaga Keamanan Website

Website opencart akan lebih tahan serangan hacker yang akan meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan yang bertransaksi di toko online kita, salah satu contoh tindakan keamanan yang sederhana namun sering terlupa adalah menggunakan domain website yang selalu menggunakan SSL/HTTPS


2. Membersihkan error.log

Error log pada opencart bisa diakses difolder system/logs/error.log, pada beberapa kasus sangat banyak error yang tercatat disini sehingga memenuhi penyimpanan di server, pada proses maintenance biasanya akan dicek error yang tercatat lalu diperbaiki agar tidak muncul kembali.


3. Meningkatkan Kecepatan

Tindakan maintenance biasanya akan membersihkan file-file sampah, source code website yang bermasalah, dan pembersihan error log yang sudah disampaikan sebelumnya. Proses bersih-bersih ini tentu akan meningkatkan kecepatan website dari sebelumnya. 


4. Pelanggan Tidak Bosan

Manfaat ini bisa didapat jika saat maintenance juga melakukan update tampilan website atau konten website, dengan begitu pelanggan tidak akan bosan saat mengunjungi toko online anda.


5. Mendapatkan fitur-fitur baru

Website toko online opencart kemungkinan akan mendapat fitur baru dari proses maintenance dengan cara mengupdate ekstensi opencart yang terinstall, ini bisa terjadi karena pemilik website opencart terkadang lupa atau kurang paham untuk mengupdate ekstensi yang terpasang di websitenya, padahal update sangat penting untuk perbaikan error dan mendapat fitur-fitur terbaru. 


6. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dari poin manfaat yang sudah dijelaskan diatas, pada intinya semua itu bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga akan berdampak ke peningkatan keuntungan yang anda dapatkan. 


Kita sudah membahas manfaat yang akan didapat jika melakukan maintenance opencart, sekarang saya akan membahas potensi kerugian jika tidak melakukan maintenance opencart yang akan dijelaskan dibawah ini.


1. Website Error

Saat pelanggan berjelajah di toko kita sangat tidak mengenakan jika website kita tiba-tiba error atau tidak merespon, saat itu terjadi mungkin saja pelanggan akan bertanya melalui pesan bantuan, mengenai error yang terjadi ? jika anda lambat untuk menjawab solusinya mungkin pelanggan akan segera pindah ke toko lainnya.


2. Penyimpanan Server Tiba-Tiba Penuh

Error log yang menumpuk dibeberapa kasus terkadang menyebabkan penyimpanan pada server menjadi penuh, anda seharusnya membereskan error yang muncul agar penyimpanan server tidak terbuang sia-sia.


3. Toko Online Tidak Bisa di Akses

Kerugian yang termasuk paling parah adalah website toko online yang tidak bisa diakses, banyak penyebab yang menimbulkan hal ini seperti serangan hacker, kesalahan pada kode php, dan lainnya. Selain berdampak ke pelanggan ini juga berdampak ke penelusuran di mesin pencari, karena mesin pencari akan menyingkirkan website yang tidak bisa diakses dari hasil penelusurannya. 


Itulah manfaat maintenance opencart dan kerugian jika tidak melakukannya, tentunya poin poin manfaat dan kerugian yang kami sampaikan diiatas hanya sebagiannya saja dan yang pernah tim kami tangani. 

Pada intinya maintenance opencart membuat website toko  online kita selalu dalam kondisi optimal untuk melayani pelanggan yang datang, dan sedikit pesan buat anda, bahwa mencegah masalah itu lebih baik daripada memperbaiki masalah dan kerugian yang sudah terjadi.

Cukup sekian terima kasih 

Comments (0)

    Leave Your Comment