Menu
Your Cart
Tutorial 17: Cek Resi Secara Otomatis pada Toko Online OpenCart

Tutorial 17: Cek Resi Secara Otomatis pada Toko Online OpenCart

Fitur Cek Resi OpenCart otomatis secara default tidak tersedia. Apabila Anda saat ini memiliki Toko Online OpenCart.

Apalagi untuk ekspedisi nasional seperti JNT, SiCepat,dll secara khusus.

Namun fitur ini dapat ditambahkan dengan menambah ekstensi custom baru yang tentunya harus reliable, mengingat fitur ini sangat penting bagi customer. Yang merupakan bagian dari layanan penjualan, yakni pengiriman.

Karena sering kali customer ingin melihat pesanan mereka telah dikirimkan oleh suatu toko online. Sehingga pengadaan fitur cek resi di sistem OpenCart akan sangat membantu dari sisi customer dan owner toko online.


Mengadakan Fitur Cek Resi Otomatis di OpenCart?

Sebagai salah satu platform Ecommerce yang cukup besar secara default OpenCart tidak menyediakan semua fitur yang dibutuhan oleh toko online lokal seperti di Indonesia. Agar dapat melakukan pengiriman kita membutuhkan ekstensi pengiriman seperti HP Shipping Bundle.

Demikian pula dengan cek resi OpenCart. Fitur ini paling sering kita temui pada online merchant besar seperti Bukalapak, Tokopedia, Bhinneka, Zalora, dll dengan implementasi yang berbeda.

Jika Anda menggunakan OpenCart, maka sangat disarankan agar customer dapat melakukan cek resi hanya dengan Order ID dan alamat email. Mengapa demikian?. Karena secara default Order ID akan dihasilkan secara urut per pesanan yang masuk ke sistem.

Sementara email adalah ID unique yang harus dimiliki oleh seorang customer. Kombinasi dari kedua hal ini sudah cukup untuk mendapatkan informasi validasi sebuah order dan customer saat customer melakukan cek resi di website OpenCart Anda.


Cek Resi OpenCart di Website Ekspedisi?

Mengapa tidak meminta customer untuk cek resi di website masing-masing ekspedisi?

Tiap ekspedisi memang menyediakan fitur cek resi pada website resminya. Namun tentu kita tidak bisa memaksa customer untuk membuka website ekspedisi tiap kali ingin cek resi. Selain dinilai merepotkan bagi customer, juga kurang dari sisi marketing. Dengan mengadakan fitur ini di toko online sendiri maka akan menambah kepercayaan customer. Seperti pada salah satu client kami berikut.



Fitur cek resi otomatis pada website OpenCart

Dengan melihat kebutuhan cek resi di OpenCart yang sangat penting, kami akhirnya merilis HP Order Tracking. Yang merupakan module untuk cek resi di platform OpenCart. Module ini memiliki tampilan mobile friendly, memudahkan customer saat cek resi via smartphone.

Lebih dari itu module ini mampu deteksi otomatis kesalahan input resi, sehingga customer terhindar dari informasi resi yang salah. Lebih dari itu module ini juga kompatibel dengan banyak ekspedisi lain selain JNE, seperti TIKI, POS, Wahana, JET Express, JNT, SiCepat dll.


Apakah hanya cek resi saja?

HP Order tracking tidak hanya digunakan untuk cek resi saja, dalam artian mengetahui manifest / transit posisi barang. Lebih dari itu modul ini juga menampilkan tahapan status order lengkap yang dapat ditentukan dari halaman admin. Yang memiliki tampilan dinamis baik ketika diakses via desktop maupun mobile.



Tampilan mobile HP Order Tracking OpenCart


Halaman order info cek resi Opencart

Sehingga jika Anda mencari fitur Cek Resi OpenCart, Anda boleh lihat halaman berikut: HP Order Tracking.

Semoga bermanfaat,

Comments (0)

    Leave Your Comment